126 Peserta PPG 2019 Tes CAT di MTsN 1 Palembang

54

Palembang, Inmas.

Sebanyak 126 guru madrasah peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2019 mengikuti tes Computer Based Test (CAT) di MTs Negeri 1 Kota Palembang. Tes ini berlangsung selama 3 hari dari 21 – 23 Mei 2019. Di Palembang selain MTsN 1 Palembang lokasi tes juga di pusatkan di MTs Negeri 2.

Kepala MTsN 1 Palembang Drs. Tugino, M.Pd.I selaku penanggung jawab saat membuka tes akademik di ruang lab komputer itu mengatakan, pihaknya dipercaya oleh Kantor Kementerian Agama Kota Palembang menjadi bagian sukses terselenggaranya ujian tersebut. Pihaknya kata dia telah menyiapkan komputer sesuai kebutuhan dan proktor sebagai pengendali jalannya ujian.

“Kita sama sama berdo’a semoga tes ini berjalan lancar dan semua peserta lulus. Dan ini adalah pertama kalinya kami dipercaya sebagai tuan rumah tes masuk PPG,” katanya

Musauwirullah selaku proktor menjelaskan, sistem tes ini mirip dengan aplikasi UAMBN-BK siswa madrasah tahun ini. Peserta login menggunakan username dan password yang bisa mereka dapatkan dari akun simpatika masing-masing. Sementara, kelompok tes terbagi dalam 3 sesi. Sesi pertama mulai pukul 08.00.

“Dalam satu sesi terdiri 20 orang. Jadi pada hari ketiga atau hari terakhir hanya 6 orang,” katanya

Berdasarkan data dari Kantor Kemenag Kota Palembang peserta PPG tahap ini adalah terdiri dari guru Alqur’an Hadits, guru Fikih, guru Akidah Akhlak, guru Bahasa Arab, guru PAI, guru MI dan guru RA. Total peserta Palembang sebanyak 246 dan untuk se-Sumsel berjumlah 1.895 dengan lokasi tes disebar di perwakilan kabupaten/kota masing-masing.

Salah satu peserta guru Akidah Akhlak mengatakan soal berjumlah 125 pilihan ganda dengan waktu 105 menit. Dia mengaku itu pengalaman pertamanya tes masuk PPG menggunakan CAT. Seperti diketahui seleksi PPG dengan sistem ini termasuk baru karena sebelumnya masih sistem manual.

“Ini pengalaman pertama. Alhamdulilah bisa mudah-mudahan lulus. Soalnya 125 terdiri dari tes potensi akademik, tes pedagogik dan kejuruan sesuai mata pelajaran yang diampuh,” terangnya.

Hadir memantau, pegawai Kankemenag Kota Palembang, Kasi Penmad Kankemenag Kota Palembang H. Untung Gutmir, Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kanwil Kemenag Sumsel H. Al-Muzakir. Menurut Al-Muzakir passing grade atau batas lulus tes ini adalah 60.

“Tapi itu disesuaikan dengan kuota yang ada karena dari informasi kuota se Indonesia 6000 orang itu dibagi ke LPTK yang ada. Tentu akan diperingkat dari nilai yang tertinggi. Tapi yang lulus, otomatis akan dipanggil tanpa tes lagi,” katanya (Tgh)

[penci_button link=”https://www.facebook.com/photo.php?fbid=529747870763485&set=pcb.529748397430099&type=3&theater” icon=”fas fa-images” icon_position=”right”]Foto lainya[/penci_button]